14 April 2017

Cara Menggunakan Listrik dengan Benar

Sejak listrik ditemukan oleh Michael Faraday beberapa abad yang lalu, listrik sekarang menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan ya. Jadi, kita patut berterima kasih kepada sang penemu listrik tersebut.  Loud of loughing
Listrik memang membuat hidup admin, loe, dan semua orang menjadi nyaman. (note : pernyataan ini berlaku jika hidup loe memang nyaman ya, hehe). Dengan listrik, lampu bisa menyala dan menerangi ruangan seperti admin yang menerangi hidupmu. Dengan listrik, kita bisa menonton film favorit kita seperti Star Wars, Beauty and The Beast, Capatain America, Transformers, dan lainnya. Dengan listrik, kita bisa men-charger smartphone sehingga loe bisa chatting-an dengan doi, Papa doi, dan Mama doi. Namun, dengan segala kenyamanan yang dapat dimanfaatkan dari listrik, bila loe tidak tahu cara menggunakan listrik dengan benar justru akan membawa musibah. Oleh karena itu, setiap orang harus memahami cara menggunakan listrik dengan benar.

Untuk menjaga keselamatan saat menggunakan listrik, loe harus memperhatikan cara menggunakan listrik dengan benar seperti berikut ini :

Saat menggunakan listrik, tangan dan kaki tidak boleh basah.
Menurut teori dalam pelajaran fisika bahwa di dalam tubuh kita itu terdapat elektron-elektron yang bisa menghantarkan listrik. Ya walau sebenarnya tubuh kita bukanlah konduktor yang baik. Namun, saat tubuh kita basah, tubuh kita akan lebih mudah menghantarkan listrik.

Pastikan tidak ada air di sekitar stopkontak dan steker
Kita tahu bahwa air adalah konduktor yang baik. Oleh karena itu, pastikan di sekitar stopkontak dan steker tidak terdapat air. Karena air yang berhubungan langsung dengan stopkontak dapat menghantarkan listrik dan bisa membuat hubungan singkat alias korsleting.

Jangan memasukkan logam apapun selain steker ke stopkontak
Stopkontak menyediakan listrik yang siap mengalir. Jika benda konduktor, misalnya logam ditusukkan ke stopkontak, maka bersiaplah untuk menerima hantaran listrik yang mengalir ke benda konduktor itu yang bisa membuat loe kejang-kejang akibat kesetrum

Jangan gunakan alat listik yang rusak dan kabel yang terkelupas
Alat listrik yang rusak dapat mengakibatkan hubungan singkat atau korsleting (note: bukan resleting). Kabel yang rusak juga bisa menghantarkan aliran listrik yang bisa membuat loe kesterum. Selain itu, hubungan singkat atau korsleting akibat alat listrik yang rusak bisa menyebabkan kebakaran.

Mintalah bantuan teknisi profesional apabila hendak memperbaiki alat listrik yang rusak
Jika di rumah ada alat listrik yang rusak, mintalah bantuan teknisi listrik profesional yang tahu seluk beluk tentang kelistrikan untuk memperbaikinya. Saran dari admin, loe tidak perlu so keminter memperbaikinya sendiri jika memang tidak tahu menahu tentang kelistrikan.



“Menjadi pintar untuk selamat”
Load disqus comments

0 komentar