14 April 2017

Hal yang Perlu Dilakukan Saat banjir


Banjir adalah fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Tengok saja Jakarta, kota yang selalu menjadi langganan banjir ketika musim penghujan. Kurangnya ruang hijau yang cukup, sistem drainase yang jelek, banyaknya bangunan yang saling berimpit, dan hilir sungai yang sudah berubah fungsinya menjadi rumah warga adalah penyebab-penyebab yang menjadikan Jakarta rawan banjir. Tak hanya Jakarta, kota-kota besar seperti Bandung, Bogor, Bekasi, dan masih banyak lagi juga mulai sering dilanda banjir. Terlepas dari itu semua, kita tahu untuk mencegah banjir yang terjadi di kota-kota besar membutuhkan waktu yang tidak singkat. Jadi, solusi yang kita butuhkan sekarang adalah hal yang harus dilakukan saat terjadi banjir.
Memahami solusi tanggap bencana banjir yang benar adalah suatu hal yang penting guna meminimalisasi kerugian yang terjadi akibat banjir. Karena banjir yang terjadi pasti akan menyebabkan kerugian dan itu adalah keniscayaan (kepastian). Maka, sebisa mungkin kita bisa meminimalisasi kerugian agar setelah banjir mulai surut kita bisa melanjutkan aktivitas kita seperti sedia kala.
Baca juga : Cara Menggunakan Listrik dengan Benar

Berikut hal yang harus dilakukan saat banjir :

Pentingkan keselamatan jiwa terlebih dahulu
Menyelamatkan diri adalah hal yang harus dilakukan pertama kali saat terjadi banjir. Jangan pikirkan harta benda dahulu saat jiwa sedang terancam. Ibarat kata, harta benda masih bisa dicari selagi masih ada nafas. Admin bilang sih “ saving your self first, so all of thing will be safe”.
Matikan saklar listrik rumah
Setelah menyelamatkan diri, hal kedua yang harus dilakukan adalah mematikan saklar listrik rumah. Mengapa? Kita tahu bahwa air adalah penghantar listrik yang baik. Jika saklar listrik tidak dimatikan maka bisa terjadi hubungan pendek yang menyebabkan rumah terbakar.

Pindahkan dokumen penting ke tempat yang lebih aman
Jika terdapat dokumen-dokumen penting di rumah seperti sertifikat rumah, obligasi, saham , dan lainnya. Sebaiknya dipindahkan ke tempat yang lebih aman karena bisa saja dokumen itu akan rusak jika terus terendam dengan air.

Pindahkan peralatan elektronik ke tempat yang kering
Segala jenis peralatan elektronik akan mudah rusak jika terus menerus terendam air. Maka, sebaiknya segala peralatan elektronik yang ada di rumah, seperti lemari es, televisi, radio, ponsel dan lainnya dipindahkan ke tempat yang tidak terendam air, misal ke lantai 2 rumah atau dititipkan ke kerabat.

Mengungsilah ke tempat yang tidak terkena dampak banjir
Bila jiwa dan harta bendamu sudah terselamatkan, maka sebaiknya mengungsi ke tempat yang tidak terkena dampak banjir. Kita tahu banjir adalah sarang penyakit. Jika kita berlama-lama terendam air banjir, maka bisa menyebabkan gatal-gatal pada tubuh karena terdapat banyak sekali kuman dan baketri di dalamnya. Bahkan, bisa juga terjangkit demam berdarah karena nyamuk suka bersarang pada daerah genangan air.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi kerugian dari bencana banjir yang terus melanda.
Load disqus comments

0 komentar